Bayi Mempunyai Gaya Menyusui Khas dan Berbeda

Pentingnya ASI Bagi BayiBayi memiliki gaya menyusui yang khas dan berbeda dengan bayi lainnya, meskipun bayi tersebut adalah kembar.

Ada bayi yang menyusu dengan tenang tapi ada juga yang sambil menggeleng-gelengkan kepalanya.

Edith Jackson MD, seorang peneliti dari Yale University melakukan studi ini dengan mengamati ratusan bayi menyusui di rumah sakit universitas itu.

Berikut beberapa gaya menyusui dibawah ini:

Gaya  ‘Hoover’ atau ‘Little vacuums’.
Bayi dengan gaya ini biasanya akan menangkap puting susu (areola) payudara ibu dan mengisap ASI dengan penuh semangat selama 10-20 menit.

Bayi terlalu bersemangat.
Seperti berada di dalam situasi yang hiruk pikuk, bayi akan menangkap puting ibunya dengan semangat tapi akan terlepas kembali sehingga membuatnya menjerit. Biasanya bayi dengan gaya ini perlu tenang beberapa kali selama menyusu.

Gaya pencicip makanan.
Gaya ini juga dikenal dengan ‘Mouthers’, yaitu bayi yang sering memain-mainkan puting susu ibunya sebelum benar-benar menyusui. Tapi jika ibunya ingin menyusui dengan terburu-buru, maka ia akan berteriak protes.

Gaya suka menunda.
Bayi dengan gaya ini biasanya enggan untuk menyusu dan terlihat waktu menyusunya hanya sebentar. Bayi seperti ini mungkin akan terlihat tidak rewel karena lebih banyak tidur dan jarang menangis, tapi orangtua harus memberikan perhatian lebih dan memastikan bayi mendapat nutrisi yang cukup.

Gaya ‘Nipper-Nappers’.
Bayi yang memiliki gaya ini biasanya akan menyusu selama beberapa menit, lalu beristirahat dan mulai melanjutkan kembali. Terkadang ada bayi yang tertidur saat menyusu kemudian terbangun untuk menyusu kembali.