Bayi Enam Bulan Sudah Mengerti Mana yang Baik dan Buruk

Bayi Enam Bulan Sudah Mengerti Mana yang Baik dan BurukSetiap manusia diyakini sudah memiliki sikap moral yang melekat sejak dilahirkan. Terbukti pada bayi usia enam bulan sudah bisa membedakan sesuatu yang baik dan buruk sebelum orangtua mengajarkannya. Profesor Paul Bloom dari Yale University menuliskan dalam majalah New York Times bahwa sebenarnya bayi sudah mempersiapkan sikap moral sejak dilahirkan.

Temuan ini diketahui setelah peneliti meminta bayi dari segala usia untuk memilih karakter yang dilihat sebagai berperilaku buruk atau baik. Ternyata bayi-bayi tersebut cenderung lebih memilih karakter baik. Selain itu mereka juga tidak menyukai karakter nakal atau buruk dengan cara tidak mau melihatnya dan berusaha untuk memukulnya.

Penelitian yang dilakukan oleh tim psikologi dari Infant Cognition Centre di Yale University, Connecticut ini bertentangan keyakinan yang dipromosikan oleh psikologi Sigmund Freud. Bapak psikolog itu menyatakan bayi yang baru dilahirkan belum memiliki sikap moral dan membutuhkan suatu kondisi untuk mengetahui mana yang benar atau salah. Sementara dalam studi lain, peneliti melibatkan bayi usia 6 bulan hingga 1 tahun dan menggunakan media film animasi untuk menunjukkan karakter baik dan buruk dari tokohnya.