Banyak Nama Bayi yang Aneh-aneh

Banyak Nama Bayi yang Aneh-anehCoba perhatikan nama-nama bayi sekarang pasti orangtuanya sudah jarang memberi nama Sugeng, Jatmiko, Karsini, Slamet, Bejo, Untung, Sri, Wati, Ningsih, Denok, Temon. Ternyata hampir semua orangtua di dunia ingin nama anaknya beda, unik, moderen bahkan ada yang terkesan aneh. Hasil survei menemukan banyak orangtua yang memberikan bayinya dengan nama yang tidak biasa. Orangtua makin meninggalkan nama tradisional dan lebih memilih mengikuti nama selebritas atau memberi nama-nama aneh seperti Shy (malu), Puppy (anak anjing), dan Bean (buncis) untuk anak mereka.

Hal senada juga terjadi di Indonesia, nama-nama tradisional mulai ditinggalkan. Pemberian nama lebih beralih pada nama-nama yang terkesan lebih modern atau kebarat-baratan. nama-nama tradisional beralih menjadi nama-nama moderen karena adanya konformitas (penyesuaian) di antara lingkungan sosial yang menjadi salah satu penyebab. Pemberian nama yang tidak biasa mungkin memang bisa menimbulkan dampak negatif pada kondisi psikologis anak. Misalnya anak menjadi sering diejek oleh teman sekolahnya, anak merasa minder dan sebagainya.

Orangtua bisa menggunakan momen tersebut untuk mengajak anak berbincang-bincang, memberi pengertian dan menjelaskan makna dari nama yang diberikan pada si anak dan membantu anak untuk lebih percaya diri. Sementara para ahli di Inggris memperingatkan para orangtua untuk ‘berpikir dengan sangat hati-hati’ sebelum menetapkan nama yang tidak biasa tersebut, karena hal ini dapat mempengaruhi keadaan psikologis anak. Memberikan nama yang terdengar ‘edan’ dinilai sebagai sikap egois dan tidak memikirkan anak mereka.