ASI Eksklusif Selama Enam Bulan Bisa Menyelamatkan Banyak Bayi

ASI Eksklusif Selama Enam Bulan Bisa Menyelamatkan Banyak BayiPemberian ASI eksklusif terus digalakkan karena bisa meningkatkan kesehatan dan mengurangi kematian bayi. Tapi ternyata dengan memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan, masyarakat bisa menyelamatkan 30.000 bayi. ASI sebenarnya sudah terbentuk sejak usia kehamilan 16-22 minggu masa kehamilan dan saat melahirkan dengan sendirinya hormon menyusui akan meningkat. Saat 1-3 hari setelah melahirkan jumlah ASI akan cenderung meningkat dan semakin sering ASI disedot oleh bayi, maka produksinya akan semakin banyak. Memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan sama dengan menyelamatkan kehidupan 30.000 bayi, Pada intinya tidak ada alasan bagi ibu untuk tidak memberikan ASI pada bayinya. Karena semua zat yang diperlukan oleh bayi saat baru lahir sudah terdapat di dalam ASI.

Ada beberapa pedoman dalam menyusui ASI, yaitu:

1. Pada hari pertama hingga kedua ukuran perut bayi hanya sebesar kelereng, lalu pada hari ketiga hingga keenam ukurannya bertambah menjadi seukuran buah kelengkeng, dan mulai hari ketujuh hingga bulan keenam sebesar bola pingpong.
2. Pada hari pertama hingga kedua jumlah ASI yang dibutuhkan sebanyak 10-100 m, hari ketiga hingga keempat sebanyak 200 ml, hari kelima hingga kedelapan sebanyak 400-600 ml dan minggu kedua hingga bulan keenam sebanyak 600-800 ml.
3. Dibulan pertama bayi biasanya akan menyusu sebanyak 8-12 kali dalam sehari atau setiap 1,5-3 jam, dan dibulan kedua hingga keenam sebanyak 6-8 kali sehari.