ASI Cegah Penyakit Jantung Pada Bayi

ASI Cegah Penyakit Jantung Pada BayiAir Susu Ibu (ASI) bermanfaat bagi kesehatan bayi.

Air Susu Ibu (ASI) diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan bayi. Salah satunya yaitu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung setelah mereka berusia dewasa. Penelitian yang dilakukan lebih dari 20 tahun menunjukkan bahwa bayi yang mengonsumsi ASI, meskipun mengalami pertumbuhan yang lebih lambat dibandingkan bayi yang mengonsumsi susu formula, ternyata bayi yang tumbuh cepat tersebut memiliki risiko lebih tinggi untuk terserang penyakit jantung dan stroke ketika mereka dewasa.

Tingkat kolesterol dengan konsentrasi yang tinggi berkaitan dengan terjadinya aterosklerosis atau suatu penyakit arteri. Kondisi itu menyebabkan terjadinya penurunan lemak pada dinding arteri dan memicu terjadinya penyakit kardiovaskular. Remaja yang mengonsumsi ASI pada saat masih bayi diketahui memiliki tingkat kolesterol yang lebih rendah sekitar 14 persen dibandingkan mereka yang mengonsumsi susu formula.

Peneliti juga mengemukakan bahwa pertumbuhan yang cepat di awal berkat pola makan yang kaya akan gizi membuat bayi tersebut rentan terhadap kondisi kesehatan setelah mereka berusia remaja seperti obesitas, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan kecenderungan diabetes sebagai faktor pemicu risiko penyakit jantung.

Berikut manfaat ASI untuk ibu menyusui.

– Hisapan bayi membantu rahim menciut, mempercepat kondisi ibu untuk kembali ke masa pra-kehamilan dan mengurangi risiko perdarahan.

– Lemak di sekitar panggul dan paha yang ditimbun pada masa kehamilan pindah ke dalam ASI, sehingga ibu lebih cepat langsing kembali.

– Penelitian menunjukkan bahwa ibu yang menyusui memiliki resiko lebih rendah terhadap kanker rahim dan kanker payudara.

– ASI lebih hemat waktu karena tidak usah menyiapkan dan mensterilkan botol susu, dot, dsb.

– ASI lebih praktis karena ibu bisa jalan-jalan ke luar rumah tanpa harus membawa banyak perlengkapan seperti botol, kaleng susu formula, air panas, dsb.

– ASI lebih murah, karena tidak usah selalu membeli susu kaleng dan perlengkapannya.

– ASI selalu bebas kuman, sementara campuran susu formula belum tentu steril.

– Penelitian medis juga menunjukkan bahwa wanita yang menyusui bayinya mendapat manfaat fisik dan manfaat emosional.

ASI tak bakalan basi. ASI selalu diproduksi oleh pabriknya di wilayah payudara. Bila gudang ASI telah kosong. ASI yang tidak dikeluarkan akan diserap kembali oleh tubuh ibu. Jadi, ASI dalam payudara tak pernah basi dan ibu tak perlu memerah dan membuang ASI-nya sebelum menyusui.