Alergi dan Makanan Yang Harus Dihindari

Alergi dan Makanan Yang Harus DihindariPada saat memperkenalkan makanan pertama,  ibu tidak hanya mempelajari makanan apa yang tidak disukainya, tetapi juga mengawasi kemungkinan bayi alergi atau intoleransi terhadap makanan tertentu.

Beberapa gejala yang paling umum pada balita adalah:

– Batuk
– Lidah dari tenggorokan kering dan gatal
– Kulit gatal atau ruam
– Mual dan kembung
– Diare dan muntah
– Bibir dan tenggorokan bengkak
– Mata gatal, merah dan sakit
– Bibir dan tenggorokan bengkak
– Nafas tersengal-sengal dan nafas pendek
– Hidung berair dan tersumbat

Makanan yang menyebabkan alergi

– Telur
– Susu sapi dan suatu lainnya
– Kacang-kacangan
– Makanan laut
– Sereal yang mengandung gluten
– Makanan dan minuman yang mengandung pengawet
– Seledri
– Wijen

Makanan yang harus dihindari

Ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak diberikan dulu pada bayi Ibu sebelum mencapai usia tertentu, untuk menghindari meningkatnya risiko alergi sampai sistem kekebalan tubuhnya terbentuk.

1. Gluten
Gluten adalah protein yang ditemukan dalam biji-bijian seperti gandum, gandum hitam, gandum barley dan gandum oat. Ibu sebaiknya tidak memberikan makanan ini sampai usia 6 bulan Carilah produk makanan yang berlabel ‘bebas gluten.

2. Makanan Laut
Ikan dapat menyebabkan reaksi alergi pada sebagian bayi, maka Ibu sebaiknya tidak memberi ikan pada bayi Ibu sebelum dia berusia 6 bulan. Setelah usia bayi Ibu mencapai 6 bulan, ikan bisa menjadi bagian dari menu yang seimbang.

3.Kacang
makanan yang mengandung kacang sebaiknya tidak diberikan kepada bayi dari keluarga dengan riwayat alergi sampai dia berusia setidaknya 3 tahun. Selain itu, jangan memberi segala jenis kacang secara utuh pada anak balita karena berisiko tersedak.

Yang harus dilakukan jika bayi ibu mengalami alergi makanan

Bayi Ibu mengalami alergi makanan, segera konsultasikan ke dokter. Selain itu, dengan mengamati label makanan kemasan, Ibu bisa lebih mudah memutuskan apa yang sebaiknya diberikan dan tidak diberikan pada bayi Ibu.