Agar Bisa Mengontrol Berat Badan Selama Hamil

Agar Bisa Mengontrol Berat Badan Selama HamilTerkadang berat badan ibu hamil tak terkontrol dengan baik. Itu semua dari pola makan yang biasa banyak sehingga berat badannya bertambah terlalu banyak. Memiliki berat badan yang berlebihan selama hamil tidak hanya membuat si ibu kesulitan menurunkannya setelah melahirkan, tapi juga meningkatkan peluang melahirkan melalui operasi caesar.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh ibu hamil agar bisa mengontrol berat badannya selama hamil, yaitu:

Mengonsumsi makanan yang seimbang selama hamil.
Saat hamil terkadang perempuan memiliki hasrat untuk mengonsumsi berbagai macam makanan dan dalam jumlah besar. Tapi usahakan untuk tetap mengonsumsi makanan yang seimbang, terutama makanan dari gandum utuh (whole grain) serta protein sebagai nutrisi penting untuk mendukung kehamilan.

Menghitung indeks massa tubuh (body mass index/BMI) sebelum hamil.

Mengetahui nilai BMI sebelum hamil penting untuk mengetahui berapa jumlah penambahan berat badan yang sehat untuk kehamilan. Hal ini bisa menjadi salah satu cara memonitor berat badan apakah masih normal atau sudah berlebihan penambahan berat badannya.

Melakukan olahraga atau latihan fisik sebisa mungkin.

Dengan melakukan olahraga bisa membantu mencegah berat badan berlebih, misalnya dengan melakukan jalan kaki setiap hari. Tapi ibu hamil sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui kondisi tubuhnya, serta memperhatikan skala intensitas latihan fisik yang dilakukannya.

Mencatat makanan yang dikonsumsi.
Cara ini untuk mengidentifikasi apakah ia sudah makan berlebihan atau tidak. Selain itu buku ini bisa menjadi panduan pilihan makanan sehat selama hamil.

Mendiskusikan berat badan dengan dokter.
Usahakan untuk selalu mendiskusikan mengenai berat badan setiap melakukan konsultasi, serta berusaha mencari solusinya. Hal ini penting karena berat badan juga bisa menentukan proses persalinan yang akan dilakukan si ibu nantinya.