Ada Empat Alternatif Umum untuk Melahirkan Bayi

Ada Empat Alternatif Umum untuk Melahirkan BayiSelama ini proses melahirkan dikenal melalui cara normal atau operasi caesar, dan terpaku pada hal-hal yang biasa terjadi. Padahal ada 4 alternatif untuk memilih proseAs melahirkan yang berbeda. Sebagian besar orang akan melahirkan bayinya di kamar rumah sakit yang steril, namun beberapa orang termasuk artis ada yang melahirkan dengan caranya sendiri. Misalnya Katie Holmes melahirkan dalam suasana hening, Angelina Jolie merencanakan melahirkan di air dan Cindy Crawford mengungkapkan bahwa ia melahirkan anak-anaknya di rumah. Hal tersebut juga bisa dilakukan oleh siapapun.

Ada empat alternatif umum untuk melahirkan bayi, yaitu:

Melahirkan di rumah.
Melahirkan di rumah biasanya dengan menggunakan bantuan seorang bidan. Saat ini sudah banyak bidan-bidan yang memiliki sertifikat berlisensi, sehingga melahirkan di rumah tetap aman bagi ibu hamil. Keuntungan melahirkan di rumah adalah bisa memberikan kenyaman dan ketenangan tersendiri bagi ibu yang akan melahirkan, karena ia akan didampingi oleh keluarga dan mendapatkan dukungan penuh, tetap bisa mengawasi anak-anaknya, lebih nyaman serta dapat mengurangi rasa sakit yang ada.
.
Hipnosis untuk melahirkan.
Ibu hamil akan belajar bagaimana caranya menghipnotis sendiri, sehingga dapat menyingkirkan rasa takut dan ketegangan yang nantinya dapat meredakan rasa sakit. Sugesti yang diberikan seperti ‘Aku tidak butuh bantuan epidural’ atau ‘Saya tidak akan mengalami pendarahan yang parah’. Selain itu sang suami juga bisa membantu membisikkan kata-kata menenangkan selama melahirkan.

Melahirkan di air.
Dalam proses ini, ibu hamil akan berendam di dalam bak khusus berisi air yang sudah disterilkan. Melahirkan di dalam air dapat membantu mengurangi rasa sakit yang timbul. Proses ini sudah dikenal di Amerika Serikat sejak tahun 1991.

Menggunakan bantuan alternatif lain.
Salah satu alternatif yang bisa dimiliki adalah meminta bantuan doula (orang yang menyediakan dukungan emosional dan fisik pada ibu hamil sebelum, selama dan setelah melahirkan), baik ia melahirkan di rumah sakit atau klinik bersalin.