Ada Beberapa yang Harus Dihindari Selama Hamil

Ada Beberapa yang Harus Dihindari Selama HamilSenang rasanya mendengar kabar bahwa di dalam perut Anda ada janin yang tumbuh setiap detiknya. Tak sabar rasanya melewati 9 bulan 10 hari dan ingin segera melihat si buah hati. Sembari menunggu hari itu, bagaimana jika Anda membaca artikel ini.

Ada beberapa hal yang harus Anda hindari selama hamil:

Terlalu banyak mengonsumsi kafein.
Hal pertama yang harus dihindari oleh ibu hamil adalah kafein. Dalam beberapa penelitian, terlalu banyak mengonsumsi kafein akan menyebabkan keguguran atau bayi prematur. Dr. Kathleen Bradley, seperti dikutip dari babiesonline, mengatakan bahwa “Asupan kafein yang dikonsumsi oleh ibu hamil seharusnya tak lebih dari 300 mg per hari. Anda harus sangat berhati-hati dalam membatasi kafein yang masuk ke dalam tubuh.”

Kotoran Kucing.

Bagi Anda penyayang binatang, Anda harus sedikit membatasi sentuhan langsung dengan mereka, terutama saat membersihkan kandang. Parasit yang tinggal pada feses kucing, misalnya, dapat menyebabkan Anda terserang toksoplasma.

Obat-obatan alternatif.

Kondisi hamil sangat jauh berbeda dengan kondisi saat tidak hamil. Mungkin saat tidak hamil Anda bisa bebas mengonsumsi obat-obatan alternatif (jamu, misalnya). Anda tak perlu takut kandungan kimianya akan mempengaruhi janin. Namun, saat hamil, sebaiknya konsultasikan dengan dokter jika Anda hendak mengonsumsi obat-obatan, baik alternatif maupun kimia.

Makanan dan Minuman.

Dalam beberapa kasus, makanan dan minuman bisa sangat berbahaya bagi kandungan. Berhati-hati saat mengonsumsi makanan mentah (yang belum diolah), beberapa kandungan kimianya bisa berpengaruh terhadap janin. Alkohol tentu juga sangat tidak baik bagi kehamilan. Sangat tidak disarankan mengonsumsi alkohol dalam masa kehamilan dan menyusui. Selain itu, makanan manis juga perlu Anda batasi, karena saat hamil, diabetes temporer bisa saja terjadi.

Pembersih rumah tangga.

Pastikan Anda selalu membaca label petunjuk penggunaan sebelum menggunakan bahan-bahan kimia untuk membersihkan rumah. Kenakan masker dan sarung tangan agar bahan kimia tersebut tidak langsung terkena kulit Anda. Berikan ruang udara yang cukup agar aroma bahan kimianya tidak terkurung di dalam ruangan saja.