Pilihan Ikan yang Aman Bagi Ibu Hamil

Pilihan Ikan yang Aman Bagi Ibu HamilMengkonsumsi ikan bagi ibu hamil sangat baik karena ikan merupakan sumber asam lemak omega 3 yang bagus untuk perkembangan saraf otak bayi. Tapi ibu hamil juga harus pintar memilih ikan apa yang baik untuk dikonsumsi saat hamil. Banyak para ahli yang setuju bahwa perempuan yang sedang hamil harus memenuhi asupan ikan dalam makanannya untuk mencapai kesehatan yang baik serta pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal. Badan pengawas makanan dan obat AS (FDA) menyarankan sebaiknya perempuan hamil mengonsumsi setidaknya 12 sampai 14 ons (2 sampai 3 porsi) ikan per minggu.

Seperti diketahui omega 3 sangat penting dalam perkembangan saraf otak janin dan cara yang paling mudah untuk mendapatkannya adalah melalui konsumsi ikan secara teratur. Membatasi atau kurangnya asupan ikan yang masuk ke dalam tubuh dapat merugikan perkembangan mental anak itu sendiri. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa ibu yang makan sedikitnya 3 porsi ikan per minggu selama hamil ternyata memberikan hasil yang baik pada beberapa tes mengenai fungsi mental dari si anak setelah lahir.

Ada juga penelitian lain yang dilakukan oleh Dr Emily Oken dari Harvard Pilgrim Health Care di Boston, AS yang memeriksa keseimbangan antara keuntungan dan risiko kontaminasi jika mengonsumsi ikan selama hamil. Ternyata didapatkan ibu yang mengonsumsi ikan dengan kadar merkuri rendah sebanyak 2 kali seminggu memberikan hasil tes yang bagus pada anaknya, bahkan jika sang ibu hanya makan ikan dalam kalengan saja.

Disarankan bagi ibu-ibu hamil agar mengonsumsi ikan yang rendah kadar merkurinya, karena jika kadar merkuri terlalu tinggi bisa membahayakan perkembangan otak bayi itu sendiri. Ibu hamil sebaiknya menghindari ikan todak, king mackerel, tilefish dan ikan kakap karena mengandung kadar merkuri yang lebih tinggi. Tapi bagi ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi ikan salmon, sarden, ikan kembung dan ikan air tawar karena kandungan merkurinya rendah.

Hal lain yang harus diperhatikan oleh ibu hamil dalam mengonsumsi ikan adalah memasak ikan tersebut hingga benar-benar matang, untuk itu sebaiknya hindari mengonsumsi sushi atau makanan lain yang mengandung ikan mentah. Serta diusahakan ibu hamil tidak mengonsumsi jenis ikan yang sama dalam waktu satu minggu. Jadi tidak mengonsumsi ikan selama hamil bukanlah pilihan yang tepat, tapi cermatlah dalam memilih ikan apa yang akan dikonsumsi.

Share This Post

Leave a Reply

IBN Network Reg. No: 245//IBN/2012.