Makanan Bergizi untuk Bayi

Untuk merangsang pertumbuhan gigi dan mencukupi nutrisi, bayi tak bisa hanya diberi ASI dan bubur saja. Mereka juga harus mulai diajarkan mengenal menu makanan bergizi lain. Karena belum ada gigi, tentunya kita harus membantu memilih makanan terbaik untuknya. Makanan ini tak hanya harus bergizi, namun juga harus mudah dicerna dan aman bagi bayi.

Berikut ada beberapa makanan yang menyehatkan bayi:

Alpukat
Pohonnya mencapai tinggi 20 m, daunnya sepanjang 12 hingga 25 cm, itulah pohon alpukat. Buahnya berbentuk nyaris bulat atau lonjong, dengan kulit yang semi keras, yang membalut daging lembut di dalamnya. Alpukat kaya akan kandungan potasium, karbohidrat, vitamin E, vitamin C, vitamin B, fosfor, zinc, hingga zat besi.

Pisang
Oleh nenek moyang, buah pisang sebenarnya dikenal pertama kali sebagai obat, bukan sebagai buah. Warnanya hijau saat masih muda, dan apabila ranum, kulitnya berubah warna menjadi kuning kecokelatan atau kemerahan.

Dada Ayam
Daging ayam mengandung protein, vitamin B kompleks, mineral, lemak, asal lemak, yang dibutuhkan tubuh. Kalau belum bisa mengunyah, bagaimana bayi bisa mendapat nutrisi dari ayam? Anda bisa merebusnya hingga empuk, menghancurkannya dan mengambil sarinya. Tentunya daging yang terbaik dapat diambil dari bagian dada, agar lemaknya tidak terlalu banyak.

Keju
Produk susu yang tak kalah pentingnya adalah keju. Seperti yang kita ketahui, ada berbagai jenis keju yang ada di pasaran. Namun, untuk bayi cukup tambahkan serutan keju cheddar saja ke dalam bubur yang dikonsumsinya. Selain membantu mengatasi kebosanan pada susu, keju juga menambah aroma dan rasa lezat pada makanan.

Kacang Hijau
Kacang hijau termasuk jenis tumbuhan suku polong-polongan. Protein yang terkandung di dalam kacang hijau sangat tinggi, sehingga menu ini seringkali disajikan sebagai bubur maupun minuman. Untuk bayi, kacang hijau harus dimasak hingga lunak benar dan disaring agar bayi mudah mencerna dan tidak tersedak.

Share This Post

Leave a Reply

IBN Network Reg. No: 245//IBN/2012.