Cara Rileks untuk Ibu Hamil

Cara Rileks untuk Ibu HamilKehamilan kadang membuat perempuan stress karena tubuh mengalami perubahan besar agar bisa mendukung pertumbuhan bayi dikandungnya. Tapi ibu hamil harus tetap merasa rileks agar tidak mengganggu pertumbuhan janinnya. Stres yang dialami saat hamil biasanya karena tubuh mengalami mual-mual yang membuat ibu hamil sulit beraktifitas atau juga ketakutan dalam menghadapi proses melahirkan.

Beberapa tips berikut ini agar ibu hamil tetap merasa rileks.

1. Meletakkan kaki sedikit lebih tinggi.
Sakit di kaki dan pergelangan kaki adalah masalah yang umum terjadi terutama saat memasuki trimester ketiga.

2. Mendengarkan musik yang menenangkan.
Luangkan waktu dari aktifitas yang membuat stres untuk sedikit menenangkan diri dengan mendengarkan musik santai. Duduk santai dan nyaman sambil menutup mata dan biarkan musik tersebut mengurangi kelelahan atau stres yang ada.

3. Melakukan pemijatan.
Pemijatan sangat bagus untuk meredakan ketegangan dan relaksasi otot. Bila perlu mintalah pasangan untuk melakukannya atau pergi ke tempat pijat khusus untuk ibu hamil.

4. Cobalah melakukan refleksi.
Refleksi adalah terapi alami yang dilakukan di kaki dan bisa memberikan pengaruh terhadap seluruh tubuh. Cara ini sangat santai, dapat meredakan ketegangan dan membantu meringankan setiap penyakit yang dialami saat hamil.

5. Melakukan yoga.
Yoga yang khusus dilakukan saat hamil bisa membantu mengurangi stres yang dialami selama hamil serta membantu mengurangi kekhawatiran tentang proses melahirkan. Mintalah dokter untuk merekomendasikan kelas yoga yang benar.

6. Melakukan meditasi.
Menenangkan pikiran sama halnya dengan membuat tubuh menjadi santai dan meditasi bisa sangat membantu. Cobalah melakukan meditasi dengan bantuan CD agar bisa dilakukan di rumah atau mengikuti kelas yang ada.

7. Tertawa.
Tertawa adalah bentuk alami untuk terapi. Bertemu dengan teman-teman, menonton film komedi atau bersenang-senanag dengan pasangan dan keluarga bisa membaut ibu hamil menjadi rileks dan bayi pun juga merasa tenang.

8. Menghirup udara segar dan sinar matahari pagi.
Cobalah untuk menghirup udara segar di pai hari sambil berjalan-jalan di sekitar rumah, karena udara yang segar dan sinar matahari di pagi hari bisa membantu membuat rileks.

9. Menikmati waktu bersama pasangan.
Luangkan waktu untuk bersantai bersama pasangan bisa dengan menikmati makan malam bersama, pergi ke suatu tempat atau menikmati hiburan favorit berdua.

10. Nikmati air.
Air adalah salah satu penyembuh alami, seperti menikmati kolam, mengambil sesi berenang khusus untuk ibu hamil atau bisa juga dengan berendam di bak mandi. Ini akan menghilangkan segala kelelahan dan membuat ibu hamil menjadi rilkes.

Nikmati saja kehamilan yang Anda jalani saat ini, dengan begitu Anda akan terbebas dari rasa stres dan tertekan. Karena ibu hamil sebaiknya selalu merasa tenang dan nyaman agar bayi yang dikandung juga merasakan hal yang sama.

Share This Post

Leave a Reply

IBN Network Reg. No: 245//IBN/2012.