Cara Merawat Gigi Anak

cara merawat gigi anakKebiasaan membersihkan gigi sebaiknya sudah harus dimulai sebelum gigi pertama anak tumbuh. Mencuci gigi anak bisa dilakukan dengan menggunakan kain lunak yang dilakukan setelah menyusui. Hal ini dilakukan untuk mencegah penumpukan bakteri di mulut dan gigi anak Anda.

Ketika gigi anak sudah mulai muncul, maka mulailah menggunakan sikat gigi anak-anak yang lembut dua kali sehari. Setelah anak Anda usia prasekolah, mulai menggunakan pasta gigi fluoride. Hanya saja, perlu diperhatikan untuk tidak memberikan pasta gigi yang terlalu banyak di atas sikat anak, karena mereka cenderung menelan sebagian besar pasta gigi, dan menelan pasta gigi fluoride terlalu banyak dapat menyebabkan noda permanen pada gigi mereka.

Fluoride Tablet

Fluoride membantu membuat gigi kuat melalui pengerasan enamel gigi. Sejumlah kota di dunia diharuskan untuk menambahkan fluoride di sumber air bersih mereka. Jika Anda tinggal di daerah di mana air bersih tidak mengandung fluorida, dokter mungkin meresepkan tablet fluoride harian ketika anak Anda adalah sekitar 6 bulan. Fluorida adalah bagian penting dari kesehatan gigi anak Anda. Sama seperti dengan pasta gigi ditelan, terlalu banyak fluoride oral dapat menyebabkan noda pada gigi anak Anda.

Rongga Gigi – Gigi Berlubang

Rongga gigi (cavitas) adalah lubang yang terbentuk ketika bakteri (kuman) dalam mulut Anda menggunakan gula dalam makanan untuk membuat asam. Asam ini menggerogoti gigi. Gigi berongga sangat umum dijumpai pada anak-anak. Perawatan gigi yang baik dapat menjaga terjadinya rongga gigi pada anak Anda.

Anak Anda mungkin beresiko tinggi mengalami gigi berlubang jika ia makan banyak makanan manis (seperti kismis, cookies dan permen), atau banyak meminum cairan manis (seperti jus buah dan punch, soda dan minuman manis).

Anak Anda juga mungkin beresiko terkena gigi berlubang jika ia memiliki salah satu faktor risiko berikut:
– Lahir dini (prematur) atau berat sangat sedikit saat lahir (berat lahir rendah/BBLR)
– Perawatan gigi yang tidak teratur, jarang ke dokter gigi
– Adanya bintik-bintik putih atau coklat pada setiap gigi anak

Mencegah Gigi Berlubang

Semua orang di keluarga anda harus merawat gigi mereka. Anggota keluarga dengan banyak gigi yang berlubang dapat menyebarkan bakteri rongga yang pada akhirnya dapat menyebabkan gigi berlubang pada bayi dan anak-anak. Gigi harus disikat setidaknya dua kali sehari. Disarankan untuk ke dokter gigi dua kali setahun.

Share This Post

17 Responses to “Cara Merawat Gigi Anak”

  1. irene says:

    kalo anak anak kita jgn samapi gigi berlubang kurangi atau batasi makanan atau minuman yg manis…

    • ririn says:

      Bener bun, tapi makanan manis itu gak cuma bikin gigi berlubang jg kan, bisa2 malah kena penyakit lain yg berbahaya…gula itu memang mesti dikurangi yah

  2. cynthia says:

    kadang kadang dr susu anak kita juga membuat gigi anak anak berluabnga apalagi susu yg ada gula tambahannya

  3. sarah says:

    makanya saya sekarang memberikan anak saya susu yg no added sugar selain tdk merusak gigi bisa mencegah obesitas juga

  4. Renita says:

    aku aja nyesel moms gara2 kecilku suka cokelat bgt sampe sekarang bahkan, hehe… gigiku jd rusak, tambelan semua. makanya nih sebisa mungkin aku ga mau ah bikin anakku jd addict sm manis2.

  5. sheila says:

    anakku setiap mau tdr minta susu, abis tu ketdran ga sikat gigi lagi, takut lama2 giginya rusak, tp susunya sih da aku ganti dengan susu tanpa gula tambahan, semoga membantu deh, paling ga meminimal kerusakan gigi.

    • Kiki says:

      Sama banget nih masalahnya…kadang suka aku kasih air putih lagi sih atau di gosokin lagi giginya..yang akhirnya malah ngamuk huhuhu

      tapi skrg c udah gak gitu seram, kan udah ada susu tanpa gula tambahan yah bun

  6. vgmerry says:

    Wah kebanyakan fluoride bisa gigi bernoda? Jangan2 anak gw kebanyakan nelan fluoride, soalnya sikat giginya rajin, sehari 3x, setelah anak selesai sikat, aku ulangi lagi biar bersih, eh tetap aja 2 gigi serinya agak kuning gt, huh….

    Aku juga batasi anakku konsumsi yg manis2, apalagi coklat2 yg suka nempel digigi dan susah dibersihinnya.

  7. rennie says:

    emang nih, aku juga rajin sikat gigi anakku, batasi makan yg manis2 juga uda, tp klo susu gmn donk, kan anak klo mau tdr selalu minta susu, kayak da nyandu aja, syukur abis nyusu masih mau sikat gigi, kadang malah da tepar aja. Mana susunya manis gt, hem….takutnya lama2 gigi rusak, badan gemuk, sakit lagi, amit2 deh

  8. Yuyu says:

    makanya kasih susunya yg tanpa gula tambahan dong biar seimbang gizinya.. jd kalo nyusunya berlebihan ya kita ga perlu khawatir gulanya jg berlebihan..

  9. amarilis says:

    salah satu cara agar gigi anak bisa tetap bagus..khususnya untuk anak yg suka ngedot sampai ketiduran..dengan memberikan susu yg tanpa gula tambahan..

  10. violet says:

    jangan sampe deh berlubang..

    emang harus pinter2 nih merawat gigi..

    kalau anakku sih agak aku "ancem"

    kalau gak mau sikat gigi, gak aku kasih minum atau makan yang manis2.. :D

  11. tania says:

    kalau masih kecil susah yah nyuruh sikat gigi secara rutinnya… :D

    kalau aku sih ngakalinnya.. milih2 makanan sama minuman si kecil.. cari yang gulanya gak berlebih.. :)

  12. anissa zhafira says:

    Kerusakan gigi karena banyak minum makan yang manis, mungkin kita harus arahkan anak agar mengurangi minuman yang manis. kalau bisa diberi susu yang tanpa gula

  13. miranthy says:

    Anak saya juga minum susu menjelang tidur. jadi gak mungkin sikat gigi lagi. Mungkin saya harus ikut cara bunda-bunda di atas agar memberi anak saya susu tanpa gula tambahan.

  14. endah says:

    gigi anak yg kuat dan sehat diperlukan agar anak bisa mengunyah dengan baik sehingga makanan bisa dicerna.. oleh karena itu kesehatan gigi harus sangat dijaga..dan untuk menjaganya,anak tidak boleh mengkonsumsi gula terlalu banyak..

  15. yuna says:

    sebaiknya anak jangan dibiasakan mengkonsumsi makanan/minuman yg manis2 agar giginya terawat.. saya memberi anak susu yg tanpa gula tambahan agar tidak beresiko karies gigi,obesitas bahkan diabetes..

Leave a Reply

IBN Network Reg. No: 245//IBN/2012.