Batuk Terus Menerus Selama kehamilan

Batuk Terus Menerus Selama kehamilanBatuk yang tak sembuh-sembuh meski telah mendapat pengobatan dokter memang membuat kita jadi stres. Apalagi bagi wanita hamil. Batuk merupakan gejala dari suatu penyakit yang mendasarinya. Karena itu, hal terpenting ialah mencari penyebabnya.

Batuk dapat disebabkan antara lain oleh:
- infeksi saluran nafas atas atau bawah (misal, radang tenggorokan atau infeksi paru-paru).
- ada benda asing dalam saluran nafas.
- kelainan organ di sekitar jalan nafas yang mengganggu atau menimbulkan kelainan pada jalan nafas. proses keganasan.
- proses alergi .

Setiap keluhan/kelainan yang tak sembuh dengan pengobatan standar, harus mendapat perhatian dan penanganan seksama. Bila perlu dilakukan penanganan bersama spesialis terkait.

Batuk yang keras dan sering akan menyebabkan tekanan pada rahim sehingga terjadi kontraksi rahim yang berlebih. Kontraksi yang berlebihan ini dirasakan sebagai rasa sakit pada perut bagian atas dan biasanya terjadi berulang kali. Jika kontraksi rahim ini terlalu kuat dan sering, sebaiknya Ibu segera menemui dokter kandungan untuk minta pengobatan. Dokter biasanya akan mencari penyebabnya dan bila perlu akan diberikan obat-obatan untuk menghilangkan kontraksi rahim yang berlebihan itu.

Melihat data yang Ibu berikan, batuk sejak usia kandungan 3 bulan dan sampai saat ini masih belum sembuh, sebaiknya Ibu menemui dokter kandungan untuk minta surat rujukan pada spesialis terkait. Banyak rumah sakit besar yang baik dan mampu menangani masalah Ibu. Saya ikut berdoa, semoga Ibu segera sembuh dan terbebas dari gangguan batuk.

Share This Post

Leave a Reply

IBN Network Reg. No: 245//IBN/2012.